Artikel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Bagian - Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran SD Kelas 1)

Artikel terkait : Bagian - Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran SD Kelas 1)

Bagian - Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran SD Kelas 1) ✓ Lihatlah tubuh kita masing – masing di cermin, apa yang terlihat? Pastilah kita akan melihat wajah sendiri. Dicermin akan terlihat bagian – bagian tubuh kita. Ayo kita belajar mengenal bagian bagian tubuh, kegunaan dan cara merawat bagian tubuh.
Tujuan dari mempelajari bab mengenai bagian - bagian tubuh manusia sebagai materi pelajaran SD Kelas 1 ini adalah supaya siswa dapat mengenal, mengetahui fungsi dan mengetahui bagai mana cara merawat dari bagian tubuh tersebut. Bagian tubuh misalnya saja terdiri dari mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki dan lain sebagainya.
Daftar Isi Artikel Bagian - Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran SD Kelas 1)

1. Mengenal Bagian-Bagian Tubuh
2. Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Tubuh
  • Mata
  • Telinga
  • Hidung
  • Mulut
3. Merawat Bagian-Bagian Tubuh

Bagian - Bagian Tubuh Manusia

Bagian - Bagian Tubuh Manusia

1. Mengenal Bagian - Bagian Tubuh

Di bagian tubuh terluar kita terdapat kulit yang membungkus tubuh. Di dalam tubuh kita terdapat tulang dan daging. Bagian tubuh kita ada 3 yaitu bagian atas namanya kepala, bagian tengah namanya badan dan bagian bawah namanya anggota gerak.

Pada bagian kepala terdapat adanya telinga, mata, hidung, pipi, dahi, dagu, mulut dan di dalam mulut terdapat gigi dan lidah.

Pada bagian badan terdapat adanya dada, perut dan pinggang, ada bahu dan punggung, anggota gerak ada dua : anggota gerak atas dinamakan tangan dan anggota gerak bawah dinamakan kaki. Pada tangan terdapat lengan, siku dan jari sedangkan pada kaki terdapat paha, lutut betis dan jari.
Bagian Tubuh

2. Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Tubuh

Pada bagian kepala terdapat mata hidung mulut dan telinga. Mata berfungsi untuk melihat, hidung berguna untuk bernapas dan mencium bau, sedangkan telinga berfungsi untuk mendengar, mulut berfungsi untuk makan minum dan untuk bicara.

Mata
Kegunaan dari mata yaitu untuk melihat. Mata kita ada dua buah. Pada bagian mata terdapat adanya air mata, kelopak mata yang berguna untuk berkedip, kelopak mata akan menutup pada waktu kita tidur. Pada kelopak mata terdapat bulu mata, di atas mata terdapat yang namanya alis.

Telinga
Fungsi telinga adalah untuk mendengar. Telinga kita ada dua buah. Terdapat di telinga yang namanya daun telinga dan lubang telinga.

Hidung
Fungsi dari hidung yaitu gunanya untuk mencium, untuk bernafas. Teradapat satu buah hidung, terdapat 2 buah lubang hidung dan di dalam lubang hidung tersebut terdapat andanya rambut-rambut hidung.

Mulut
Kita mempunyai satu satu buah mulut dan di dalam mulut terdapat adanya lidah dan gigi. Fungsi lidah yaitu untuk mengecap rasa (manis, asam, pahit dan asin). Selain itu lidah mempunyai fungsi untuk berbicara, sedangkan kegunaan gigi untuk mengunyah makanan yang kita konsumsi.

3. Merawat Bagian Tubuh

Tubuh kita harus jaga dan kita rawat supaya selalu sehat. Cara merawat tubuh adalah dengan mandi, dengan gosok gigi, dengan mencuci tangan. Mandi yang dilakukan adalah dengan memakai sabun, mencuci tangan dengan mengunakan sabun, gosok gigi dengan memakai pasta gigi. Menggosok gigi dilakukan sesudah makan dan sebelum tidur. Mencuci tangan dilakukan sebelum makan sedangkan mencuci kaki dilakukan sebelum tidur. Kondisi tubuh yang kotor akan mudah sakit sedangkan untuk tubuh yang bersih akan sehat. Mandi keramas dengan memakai sampo supaya rambut menjadi bersih dan sehat serta rambut disisir.

Istilah dalam  Bagian – Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran IPA Kelas 1 SD) :

  • gigi : tulang keras dan kecil kecil yang berwarna putih, tumbuhnya di gusi
  • hidung : bagian tubuh untuk mencium yang terletak di atas bibir
  • mata : bagian tubuh untuk melihat
  • mulut : bagian tubuh untuk berbicara dan makan
  • tangan : bagian tubuh untuk memegang
  • kaki : bagian tubuh untuk berjalan
  • kuku : bagian tubuh yang ada di ujung kaki dan tangan
  • telinga : bagian tubuh untuk mendengar
Demikianlah artikel Bagian – Bagian Tubuh Manusia (Materi Pelajaran IPA Kelas 1 SD) yang semoga dapat bermanfaat.

Artikel Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya :

Copyright © 2015 Ilmu Pengetahuan Alam | Design by Bamz