Artikel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Tubuh Sehat dan Kuat (Materi Pelajaran SD Kelas 1)

Artikel terkait : Tubuh Sehat dan Kuat (Materi Pelajaran SD Kelas 1)

Pada pelajaran SD Kelas 1 terdapat materi tentang Tubuh Sehat dan Kuat yang mana tujuan dari pembelajaran pada bab ini diharapkan  dapat mengidentifikasi kebutuhan tubuh supaya tumbuh sehat dan kuat.

Supaya tubuh menjadi sehat dan kuat maka tubuh membutuhkan makanan sehat, menjaga kebersihan tubuh dan kebersihan lingkungan. Untuk minum dan mencuci pakaian maka kita memerlukan air bersih.

Tubuh Sehat dan Kuat

1). Makanan Sehat
Pengertian makanan sehat bagi tubuh di sini adalah makanan yang bersih dan bergizi. Nasi, sayuran, buah-buahan, daging, telur, tahu, tempe dan juga susu merupakan makanan yang baik untuk dimakan setiap hari. Makanan yang sehat dan bersih membuat tubuh menjadi sehat dan kuat, tidak jajan sembarangan.

Contoh Makanan Sehat :
Nasi
nasi

Lauk
lauk

Sayur
sayur

Susu
Tubuh Sehat dan Kuat

2). Air Bersih
Kita membutuhkan air yang bersih yang dipakai untuk minum, mencuci pakaian, mencuci sayuran, mandi dan lain sebagainya supaya tubuh kita tetap sehat. Bermain dengan memakai air yang kotor dapat menyebabkan sakit.

3). Pakaian Bersih
Pakaian yang kita kenakan harus bersih, selain itu juga rapi dengan diseterika terlebih dahulu sebelum dipakai. Pakaian yang kotor banyak mengandung kuman dan baunya tidak enak. Pakaian yang kotor harus dicuci dengan sabun supaya menjadi bersih.

4). Udara Bersih
Udara digunakan untuk bernafas dan dalam bernafas membutuhkan udara yang bersih karena dengan udara yang bersih menjadi lebih sehat dan segar. Udara yang banyak mengandung debu dan penuh dengan asap merupakan contoh udara yang tidak bersih. Hal ini menyebabkan tubuh sakit.

5). Lingkungan Bersih
Hidup yang sehat membutuhkan lingkungan yang bersih yaitu lingkungan yang bersih dan juga rapi. Jangan membuang sampah sembarangan karena merupakan sumber penyakit. Cara menjaga lingkungan misalnya dengan mengepel dan menyapu.

Istilah dalam artikel Tubuh Sehat dan Kuat (Materi Pelajaran SD Kelas 1) :

- lingkungan : semua yang ada di sekitar kita
- makanan sehat : makanan yang mengandung gizi
- pakaian : benda yang dipakai oleh tubuh
- rumah : tempat tinggal untuk berlindung
- udara : benda yang ada di mana mana

Demikianlah artikel Tubuh Sehat dan Kuat (Materi Pelajaran SD Kelas 1). Selamat belajar dengan tekun dan rajin

Artikel Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya :

Copyright © 2015 Ilmu Pengetahuan Alam | Design by Bamz