Artikel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Merawat dan Memelihara Lingkungan (Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas 1)

Artikel terkait : Merawat dan Memelihara Lingkungan (Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas 1)

Merawat dan Memelihara Lingkungan (Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas 1) ✓ Tujuan dari pembelajaran ini supaya bisa mengenal mengenai cara menjaga lingkungan supaya tetap sehat. Bagaimana dengan rumah tinggal kalian apakah halamannya bersih, banyak tanaman hijau di dekat rumah, terdapat lubang angin, dan rumah punya jendela?
Kita akan belajar cara merawat dan memelihara lingkungan. Kita harus memelihara lingkungan agar sehat dan bersih karena daun kering yang  jatuh akan menjadi sampah, bungkus makanan yang dibuang akan menjadi sampah.
Merawat dan Memelihara Lingkungan
Sampah
Merupakan sesuatu yang kotor, sampah juga menjadi sumber penyakit, supaya lingkungan menjadi sehat harus dibersihkan dan sampah harus disapu.
Merawat dan Memelihara Lingkungan
Antara sampah plastik, daun dan kertas sebaiknya, dipisahkan, dikumpulkan dan dibuang di bak sampah. Seperti yang ering kita dengar bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan. Jangan meludah di sembarang tempat sebab air ludah dapat menularkan penyakit. Menyapu halaman rumah yang kotor dan membersihkan selokan supaya bersih dan rapi, karena bersih itu sehat dan rapi itu indah.

Limbah Rumah Tangga

Merawat dan Memelihara Lingkungan
Jika terdapat air yang mengenang di sekitar lingkungan rumah kita maka secepatnya dibuang atau dialirkan. Ini karena dapat menjadi sarang nyamuk
Jangan membuang kaleng bekas di sembarang tempat karena kaleng bekas bisa menampung air hujan sehingga akan muncul genangan air.

Lingkungan Sehat
Lingkungan Sehat
Rumah harus bersih dan rapi, ada lubang angin ada jendelanya. Setiap hari jendela dibuka supaya udara yang segar dapat masuk ke dalam rumah. Selain itu juga harus menyapu halaman rumah supaya menjadi bersih. Tempat sampah yang ada diberi tutup. Halaman rumah dan sekolah banyak tanamannya supaya udaranya menjadi segar dan lebih nyaman dalam belajar.

Lingkungan Tidak Sehat
Contoh lingkungan yang tidak sehat jika terdapat rumah yang kotor dan berdebu, banyak barang barang yang berserakan, tidak ada lubang angin dan juga tidak ada jendela. Halam rumah terdapat daun daun kering, sampah berserakan, tidak ada tanaman dan banyak lalat yang beterbangan. Contoh lainnya yaitu sungai yang kotor dan berbau, banyak terdapat sampah di sungai sehingga menjadi tidak ada ikan yang hidup di sungai

Pemeliharaan Lingkungan
Kita dapat memelihara lingkungan dengan cara menyapu lantai dan membersihkan meja karena dengan lantai dan meja yang bersih maka rumah akan menjadi bersih dan sehat. Dapat juga dengan cara mengumpulkan sampah supaya diangkut oleh petugas kebersihan. Selokan air yang ada disekitar dibersihkan setiap 1 minggu supaya airnya dapat mengalir dengan lancar. Selokan yang tersumbat merupakan tempat untuk bersarangnya .

Perawatan Tanaman dan Hewan Peliharaan
Cara untuk merawat tanaman adalah dengan menyirami tanaman setiap pagi dan sore. Tanaman yang disiram menjadi segar dan tanaman tidak layu, bunga bunga tumbuh subur. Cara untuk merawat hewan peliharaan yaitu dengan memberi makan sehingga akaan menjadi gemuk. Selain itu juga membersihkan kandangnya karena dengan membersihkan kandang maka hewan peliharaan akan menjadi sehat.

Hal yang berkaitan dengan Merawat dan Memelihara Lingkungan antara lain:
  • lingkungan harus selalu bersih dan sehat 
  • lingkungan kotor menjadi sarang penyakit
  • cara menjaga lingkungan tetap sehat adalah a membuang sampah pada tempatnya b menyapu halaman yang kotor
  • air menggenang harus dialirkan air menggenang menjadi sarang nyamuk 5 bersih itu sehat rapi itu indah
  • hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara
  • rumah sehat adalah rumah yang bersih dan punya jendela serta lubang angin
  • rumah tidak sehat adalah rumah yang kotor tidak punya jendela dan lubang angin
  • tanaman adalah tumbuhan yang ditanam dan dipelihara
Demikian artikel Merawat dan Memelihara Lingkungan (Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 1 SD) yang semoga bermanfaat.

Artikel Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya :

Copyright © 2015 Ilmu Pengetahuan Alam | Design by Bamz